Senin, 14 Desember 2015

SEJARAH KOALISI PEREMPUAN INDONESIA CABANG SUMBA TENGAH


             Berangkat dari perjuangan akan kemajuan perempuan di Sumba Tengah, maka perempuan Sumba Tengah bersama-sama berorganisasi untuk menumbuhkan saling peduli untuk memajukan perempuan, Koalisi Perempuan Indonesia di Sumba Tengah merupakan Cabang dari Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi yang strukturnya dari tingkat Balai Perempuan di desa/kelurahan hingga tingkat nasional. Koalisi Perempuan Indonesia itu sendiri telah berdiri sejak tanggal 18 Mei 1998 di Jakarta dan dikukuhkan melalui Konggres I Koalisi Perempuan Indonesia di Jogjakarta pada tanggal 17 Desember 1998. Visi yang dibangun oleh Koalisi Perempuan Indonesia adalah Terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender menuju masyarakat yang demokratis, sejahtera dan beradab.
        Berdiri pada tanggal 27 Maret 2013 melalui Konferensi Cabang ( Konfercab) Sumba Tengah, terpilih sebagai Sekretaris Cabang yaitu Oki Rambu Padu. Adapun Dewan Kelompok Kepentingan ada 3 dewan yaitu Dewan kelompok kepentingan Informal dijabat Yustina Rambu Kareri Toga, Dewan Kelompok kepentingan Perempuan petani dijabat Agustin Pajji Jiara dan Dewan kelompok kepentingan Ibu Rumah Tangga oleh Sri mastoeti, konferensi cabang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali untuk memilih kepengurusan di tingkat cabang.

Keanggotaan
keanggotaan Koalisi Perempuan Indonesia syaratnya adalah perempuan,siapapun boleh mendaftar. Anggota muda 15-18 tahun, anggota penuh 18 tahun keatas. Adapun laki-laki merupakan sahabat Koalisi Perempuan Indonesia dalam perjuangannya. Saat ini Koalisi Perempuan Indonesia Cabang Sumba Tengah telah memiliki 500san anggota yang tersebar di Balai Perempuan yang merupakan satuan komunitas, atau kelompok kepentingan di tingkat desa, Saat ini telah ada banyak Balai perempuan di Sumba Tengah yaitu di desa Anakalang, desa Umbu Pabal Selatan, desa Kabelawuntu, desa Manurara, desa Dewajara, desa Pondok, desa Lawonda, Mamboro, desa Makatakeri, desa Dameka, Umbu Pabal serta beberapa desa lainnya. Perjuangan yang hendak di wujudkan Koalisi Perempuan Indonesia Cabang Sumba Tengah yaitu memajukan perempuan Sumba Tengah dengan memegang nilai-nilai anti kekerasan, berwawasan lingkungan, kebebasan, menghargai keberagaman, menjunjung kejujuran, kemandirian, kepedulian, kerakyatan, kesetaraan, keterbukaan, persamaan, persaudaraan sesama perempuan dan solidaritas.

anggota bisa berasal dari segala usia serta berbagai latar belakang, keberagaman merupakan salah satu nilai Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar